UMKM Go Digital, Apa Saja Keuntungannya?

UMKMZone - Di era serba digital saat ini, akan ketinggalan zaman jika tidak memanfaatkan digitalisasi untuk melakukan usaha. Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital menjadi kunci agar keberlangsungan bisnis tetap hidup, termasuk untuk UMKM. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 menjadi semakin sulit untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Maka dari itu, momentum pandemi ini sangat tepat untuk memanfaatkan teknologi digital.


Lalu, seberapa penting UMKM harus go digital? Apakah keuntungan yang bisa dirasakan?
Jawabannya adalah banyak keuntungan yang akan diperoleh UMKM yang mampu bertransformasi memanfaatkan digitalisasi. Keuntungan tersebut adalah :

1. Efisiensi biaya

Seperti saat ini, bertemu tatap muka menjadi aktivitas yang dihindari karena adanya sosial distancing. Maka, digitalisasi adalah jawabannya. Dengan mendaftar di situs marketplace atau social media yang ada, pelaku UMKM tidak perlu membayar biaya apapun. Diterapkannya digitalisasi dapat memangkas biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk modal usaha seperti membangun/menyewa gedung, biaya transportasi, pergudangan.

2. Pemasaran tak terbatas

Dengan adanya digitalisasi, pemasaran produk menjadi tak terbatas artinya akses informasi dapat dijangkau oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun secara mudah. Hal tersebut semakin memudahkan pelaku UMKM untuk menjalankan bisnisnya, sebab promosi cukup dilakukan melalui media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter, serta lainnya.

3. Jam kerja lebih fleksibel

Tidak terpatok pada jam kerja yang kaku dan monoton,  tentu hal tersebut memudahkan pelaku UMKM menjalankan usahanya yang terkoneksi selama 24 jam dengan fleksibilitas yang tinggi. Waktu libur pun bisa ditentukan sendiri.

4. Memicu kreativitas

Deskripsi yang informatif dan pengemasan yang menarik sangat menentukan dalam mendisplay komoditas secara online. elaku UMKM yang Go Online akan terpacu untuk menghasilkan ide-ide segar dan unik yang berbeda dari biasanya.

Ke depannya Kominfo beserta kementerian terkait akan membantu para pelaku UMKM menerjunkan usahanya secara daring agar lebih banyak lagi potensi yang bisa dimaksimalkan. Oleh karena itu, pihaknya berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik Kementerian, Lembaga, asosiasi, akademisi, komunitas usaha, dan platform-platform digital seperti Marketplace Shopee, Blibli, Tokopedia, Bukalapak, Grab, Smesco, dan sebagainya

Bagaimana dengan usaha kamu, apakah sudah Go Digital? 

Comments