Tips Memaksimalkan Daya Saing UMKM

  UMKMZone - Haiii Zoners.. Persaingan bisnis antara perusahaan besar maupun UMKM memang menjdi hal wajar. Tidak semua bisnis mampu bertahan apalagi di tengah masa pandemi seperti saat ini. Terdapat jargon yang dapat menggambarkan hal tersebut, yaitu " yang kuat itulah yang bertahan".

  Bukan hanya bisnis yang memiliki skala lebih besar yang mampu bertahan, tetapi UMKM yang tidak berbasiskan modal besar pun mampu bertahan apabila paham tips dan triknya. 

   Untuk itu bagi kamu pemilik UMKM, berikut ini adalah beberapa tips untuk memaksimalkan daya saing bisnismu :

1. Menciptakan produk yang orisinil dan unik

Produk yang orisinil adalah tidak meniru produk yang sudah ada dan diciptakan oleh orang lain. Kalaupun memiliki konsep yang sama, paling tidak produk kamu selayaknya memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri yang menjadikannya terlihat berbeda. Produk seperti inilah yang mampu menaikkan nilai jual dan ketertarikan konsumen.

2. Berpikir inovatif

Inovasi diperlukan dalam bisnis agar konsumen tidak merasa jenuh dan bosan dengan produk yang itu-itu saja. Apabila produk yang dijual orisinil dan unik, namun tanpa inovasi, maka cepat atau lambat bisnismu akan jadi membosankan. Sebelum itu, pelaku usaha harus memikirkan solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan konsumen yang selama ini belum mereka dapatkan dari pesaing bisnismu.

3. Menguasai manajemen bisnis

Manajemen bisnis adalah kegiatan dengan me-manage berbagai sektor yang dimiliki perusahaan secara efektif dan efisien untuk mendapatkan hasil maksimal. Manajemen bisnis mencakup beberapa hal, antara lain manajemen produksi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, dan manajemen informasi. Sebagai pemilik bisnis, sebaiknya mempelajari dan menguasai semuanya agar operasional bisnis dapat dikelola dengan konsep yang profesional. Konsep profesional tersebut menjadikan bisnismu mempunyai tujuan dan perencanaan yang tepat sehingga tidak mudah goyah dengan munculnya banyak pesaing.

4. Melakukan pemasaran digital

Saat ini, pemasaran digital jauh lebih efektif daripada pemasaran dengan sistem konvensional. Sebagai pemilik bisnis, semestinya bisa beradaptasi dengan hal ini. Dengan belajar memahami internet, pembuatan website bisnis, marketplace, pembayaran secara online, dan juga bekerjasama dengan pihak ekspedisi menjadi hal yang sangat penting agar bisnis tidak jalan di tempat. Dengan begitu, bisnismu tidak akan kalah saing dengan pihak lain.

5. Memahami dan melayani konsumen dengan baik

Konsumen adalah sumber penghasilan dari bisnismu. Jika konsumen puas dengan produk dan pelayanan bisnismu, maka jumlah konsumen akan meningkat dan penghasilan pun akan bertambah. Oleh karena itu, pelayanan profesional kepada konsumen dan berusaha memenuhi permintaan mereka adalah satu hal yang sangat penting dan berpengaruh besar terhadap bisnismu kedepannya. Dengan demikian, keberlangsungan usaha kamu ke depannya bisa dipastikan baik-baik saja dan tidak perlu takut lagi dengan persaingan bisnis.

Nah Zoners!! Itulah beberapa tips untuk meningkatkan kinerja bisnismu. Semoga bermanfaat dan bisnismu semakin profesional..

Comments